Friday 7 October 2016

Cara Mengobati Mata Bengkak Dengan Cepat

Cara Mengobati Mata Bengkak Dengan Cepat - Mata merupakan indra yang sangat penting, dengan mata kita dapat meilhat berbagai macam hal didunia ini. Namun terkadang akibat beberapa faktor, kita mendapat masalah pada mata kita, salah satunya adalah mata bengkak. Sebelum membahas pengobatannya, mari kita bahas penyebab mata bengkak, yaitu:

1. Menangis
Sebagai manusia, menangis adalah hal yang wajar. Tapi menangis dalam waktu yang lama dapat membuat mata bengkak karena adanya retensi cairan pada kelenjar mata di sekitar kelopak mata.

2. Kurang Tidur

Waktu tidur yang singkat karena banyaknya pekerjaan yang menumpuk atau hanya sekedar begadang dalam jangka waktu lama akan menyebabkan kelelahan pada mata, dan hal ini dapat menyebabkan mata membengkak.

3. Faktor Genetik

Jika Anda pernah melihat oang dengan mata yang sedikit bengkak, bisa jadi karena faktor genetik atau keturunan.

4. Diet 
Makan makanan yang tinggi kandungan garamnya akan menyebabkan tubuh menahan banyak cairan dan membuat mata bengkak.

5. Usia

Seiring dengan bertambahnya usia maka kulit tipis di sekitar mata akan kehilangan elastisitasnya dan aakan menggantung sehingga terlihat seperti membangkak.

6. Mengkonsumsi Narkoba, Alkohol, dan lainnya

Mengkonsumsi alkohol yang berlebihan, pamakaian narkoba dan merokok membuat mata berwarna merah dan memicu bengkak di bawah mata.

7. Cedera Pada Area Sekitar Mata

Cedera pada daerah mata akan membuat mata menjadi lebam. Hal ini tentu dapat membuat kelopak mata sobat menjadi bengkak.

8. Gigitan Serangga Pada Area Mata

Beberapa jenis serangga dapat meninggalkan bekas bentol setelah menggigit tubuh kita. Jika terjadi didaerah mata, tentu akan membuat mata menjadi membengkak.



Cara Mengobati Mata Bengkak 

1. Menggunakan Mentimun
Caranya adalah dengan mendinginkan irisan mentimun di dalam lemari es selama kurang lebih 10 menit, setelah itu tempelkan mentimun ke mata.

2. Dengan Mengkompres
Rendam handuk kecil ke dalam air dingin kemudian dikompreskan di mata atau dengan mengompresnya menggunakan kantung plastik yang diisi dengan es batu.

3. Menggunakan Obat Tetes Mata
Pastikan untuk membeli obat tetes mata yang sudah terpercaya. Gunakan obat ini sesuai dengan petunjuk penggunaan yang ada di dalam brosur kemasan.

4. Menggunakan Kentang
Kupaslah kentang dan cuci bersih, lalu biarkan samapai mengering. Setelah itu parut kentang. Parutan kentang lalu dibungkus dengan menggunakan kain kemudian kompreskan pada mata.

5. Menggunakan Teh Celup
Sediakan teh celup kemudiann seduh dengan air panas. Angkat teh celup tersebut lalu diamkan sebentar hingga menjadi hangat. Tempelkan pada mata yang bengkak dan tutup dengan kain selama 5-10 menit.

No comments:

Post a Comment